Kamis, 06 Januari 2011

Tips Tune-Up dan Perawatan Mobil VW

Sekarang ini perawatan mobil dengan cara manual sudah tidak lazim digunakan. Kebanyakan sudah pakai komputer atau alat canggih lainnya. Tapi untuk VW klasik kesayangan anda, mungkin anda bisa melakukan perawatan sendiri berikut adalah tips perawatan ringan untuk VW anda :

1.  PENGAPIAN
-Busi merupakan indikator yang baik untuk menunjukkan kondisi mesin anda. Melepas dan memeriksa kondisi busi secara berkala dapat menunjukkan bagaimana kinerja mesin anda dan dapat menunjukan apa penyebab masalah pada mesin anda
 
>Busi normal : terdapat warna coklat dan abu-abu pada isolator.
>Busi over heating : terdapat kotoran (deposit) yang warnanya agak kekuningan pada isolator dan elektrodanya berwarna ungu.
>Apakah busi terdapat endapan karbon yang ditandai pada isolator dan elektroda tertutup lapisan keras yang berasal dari sisa karbon.
>Bila kondisi busi selalu tampak basah dan agak kehitaman maka dapat dipastikan pada busi terdapat kerak oli yang berasal dari bensin atau pelumas.  
SOLUSI

Rendam busi dalam wadah yang berisi bensin untuk beberapa saat.Kemudian sikat bagian yang kotor dengan sikat gigi bekas atau sikat lainnya.Bila kurang bersih, pada bagian ujungnya dapat dibersihkan dengan amplas dan disemprot dengan udara bertekanan tinggi untuk memudahkan kotoran terlepas.
Lakukan penyetelan ulang antara elektroda massa negatif dan elektroda tengah, yang ideal adalah 0,8 mm.

2.Distributor Cap & Rotor
-Distributor cap dan rotor biasanya terbuat dari plastik. semakin lama kualitas memburuk dengan umur pakai. Timbul retak, sehingga air dapat masuk menyebabkan kontak pada kedua logam timbul korosi. 
SOLUSI
Bagian-bagian ini harus diganti pada jangka direkomendasikan atau jika menunjukkan ada memakai berlebihan dan kerusakan

3 .KABEL BUSI
Kabel busi sekarang sudah lebih bagus daripada sebelumnya. Bahan baru dan ukuran diameter kabel menjjadikan arus stabil. Pengapian elektronik telah meningkatkan rentang standart ukuran kabel. Kabel busi tidak perlu diganti secara rutin dengan tutup, rotor dan busi.

4. FILTER
-Filter oli mudah untuk diganti dan membantu mencegah keausan mesin. Tugas  filter oli untuk menghilangkan jelaga, partikel karat dan kotoran padat lainnya dari oli. Penyaring oli harus diganti dengan oli mesin setiap 4800Km
-Filter Udara berfungsi menyaring udara yang masuk ke karburator. bersihkan dan ganti secara berkala (ganti tiap 35000Km)
-Filter Bensin befungsi menyaring bahan bakar yang masuk ke karburator. bersihkan secara berkala dan ganti tiap 45000Km

Dari uraian diatas maka untuk menjaga VW anda tetap normal

Tips # 1: Menjaga kebersihan secara keseluruhan  mesin anda adalah pemeliharaan pencegahan terbaik yang dapat Anda lakukan pada Volkswagen Anda. Sebuah mesin yang bersih berjalan lebih dingin dan lebih kecil kemungkinannya untuk menyebabkan kerusakan  bagian lain.  
Tip # 2: penggantian rutin secara teratur semua filter, pelumas, pendingin dan bagian-bagian lainnya dicatat di sini adalah penting. Gunakan pedoman jarak tempuh  sebagai patokan Anda.  
Tip # 3: Kenali sistem Volkswagen Anda dan persyaratan tertentu sebelum memulai setiap proyek. Jangan mencoba untuk memperbaiki apa yang tidak Anda mengerti



0 komentar:

Posting Komentar