Banjir di Jakarta sudah mulai reda. Seperti
tahun yang sudah-sudah, sebentar lagi bursa motor bekas alias motkas
akan dibanjiri motor bekas banjir. Biar tidak kecebur memilih motor
yang salah, inilah beberapa trik untuk melihat motkas pernah terendam
banjir.
Sekali lagi, ini hanya untuk mendeteksi motor yang yang secara tidak sengaja penah terendam banjir! Bukan yang hanya diajak menerjang banjir. Karena kalau hanya menerjang, sisa air masih bisa dan mudah dibersihkan kembali.
Langkah antisipasi paling awal adalah melihat dan memastikan Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK). Cermati alamat yang tertera di STNK. Apakah alamat masuk dalam wilayah yang sempat terendam banjir. Kalau ada di wilayah itu, wajib wospodo!
Misal daerah Pluit, Jakarta Utara, atau Kampung Pulo, Jatinegara, Jakarta Timur dan beberpa lokasi lainnya. Bila benar, brother boleh langsung curigetion. Meskipun sekilas terlihat masih rapi jali, dalamnya belom tentu, bo!
Lalu
lanjut ke investigasi selanjutnya. Dengan mengecek bekas endapan lumpur
di dalam knalpot. “Paling gampang dideteksi adalah jenis 4-tak. Motor
4-tak tak menggunakan oli samping. Makanya, tak berasap,” kata Wanto,
pedagang motkas dari Kiki Motor di Jl,. Pahlawan Revolusi, Pondok
Bambu, Jakarta Timur.
Kondisi knalpot selalui kering. Berbeda
dengan 2-tak yang menggunakan oli samping dan selalu mengeluarkan asap.
Sehingga meninggalkan sisa oli yang menempel di perut knalpot.
Karena
knalpot 4-tak kering, makanya mudah dideteksi. Cukup masukkan kawat
yang ujungnya dililit kain putih bersih ke dalam perut knalpot. Lalu
gesekan ke dinding dalam knalpot. Motor bekas banjir, pasti ditemui
sisa lumpur di dalamnya. Kendati knalpot sudah dicuci, bekas lumpur
masih tetap menempel.
Bila kain tetap bersih atau hanya kotor
karena debu, maka bisa dilanjut ke pemeriksan berikutnya. Tapi, kalau
kain berubah kotor dan ada bekas lumpur, dipastikan bekas banjir.
Jangan dibeli!
Berikut lanjut periksa kabel bodi. Kabel adalah
bagian paling susah dibersihkan. Harus meggunakan cairan pembersih
khusus elektronik biar tidak terjadi kosleting di kemudian hari. Karena
sulit, makanya bekas banjir paling gampang dijumpai pad bagian ini.
“Paling
mudah lihat di soket. Apakah ada noda bekas air di sana. Noda ini,
terlihat seperti bercak jamur. Bila berwarna kecokelatan, bisa langsung
dipastikan bahwa kabel pernah terendam air,” saran Wanto lagi.
Selain
itu, kabel bodi terdiri dari beberapa kabel yang dililit jadi satu. Di
bagian ini, bekas lumpur juga susah dihilang kan pada lilitan kabel
bodi.
sumber: motorplus-online.com
0 komentar:
Posting Komentar