Jumat, 10 Juni 2011

Cara Ganti Aki Mobil

Jangan anggap remeh lho melepas atau mengganti accu (aki) pada mobil. Kelihatannya emang mudah , cuma melepaskan pengikat  pada kedua pole aki (kutub) dan melepas baut pengikatnyanya. Bisa saja,  terjadi kesalahan atau kecerobohan sehingga dapat merusak sistem kelistrikan bahkan electronic control unit (ECU) yang mahal biaya servis ataupun harga jika menggantinya.

Sebelum mengganti aki, cek apakah aki tersebut memang sudah rusak benar (tidak bisa mengisi,ngedrop). Untuk aki pengganti  usahakan ukuran dan kapasitasnya sama dengan standarnya bisa saja dengan voltase sama tapi ampere beda dengan melihat ukuran akinya. Kemudian perhatikan posisi kutubnya, soalnya ada yang beda biasanya pada mobil2 buatan eropa misal opel blazer. Hati-hati dalam mengganti karena  berpotensi merusak komponen kelistrikan yang vital seperti ECU, terutama jika salah pasang, dalam hitungnan detik bisa membuat beberapa komponen kelistrikan rusak dan ECU akan error/rusak bahkan terjadi kebakaran

Berikut ini langkah penggantian aki yang benar:
1. Pastikan kunci kontak sudah diposisi "OFF" dan diamkan beberapa menit untuk menghilangkan arus2 tersimpan pada komponen seperti ECU,Headunit,dll
2. Untuk amannya,(supaya ECU tetap mendapat arus backup,karena beberapa mobil akan otomatis reset ECU jika aki tecabut,hal ini bisa fatal juga) sediakan aki backup. Jumper aki backup ke kabel aki mobil,(plus-plus,min-min),lepaskan kabel negatif (aki utama) dulu, baru setelah itu yang positif (aki utama). langkah ini, untuk mencegah terjadinya error pada kelistrikan; ECU. Ketika memasang kembali kabel (setelah diganti aki baru), lakukan kebalikannya. Jadi, kabel plus dulu dipasang, baru negatifnya.
3. Pada beberapa mobil perlu melakukan reset ECU setelah melakukan penggantian aki. Terutama untuk mobil buatan Eropa. Tandanya ECU perlu direset seperti takometer ngaco, power window dan central lock tak berfungsi dan indikator cek engine akan menyala. 
4. Untuk mobil Honda,biasanya power window tidak dapat bekerja otomatis,cara resetnya dengan memencet tombol turun sampai kaca turun mentok tahan tombol selama 5-10detik kalau belum bisa lakukan langkah tadi tapi dengan posisi kaca naik mentok..

1 komentar:

Anonim mengatakan...

Makasih Mas atas sharenya,,moga kebaikanny dibalas dengan kebaikan pula,,

Salam super - LUKISAN MINIMALIS BALI :)

Posting Komentar