Senin, 10 Januari 2011

Percantik Speedometermu Seperti Indiglow

Speedometer Indiglow Murah dengan LED
Speedometer Scorpio AE 5325 R
buat bro bikers ato modifikator yang lagi nyari ide atau lagi freetime ni aku kasi sedikit inspirasi buat nambah gaul motornya. speedometer yang tiap hari diliat tampilannya pasti gitu2 doang, ujung2nya ntar dilepas karena bosen ngeliatnya ...hehhehe.....nih biar g bosen diliat, bikin beda speedometermu dengan menggunakan LED warna sesuai kombinasimu...tenang g bakalan nyedot aki banyak..aman anti tekor...langsung ajaa (maap ga ada foto pas proses ngerjainnya)
Alat dan bahan:
LED warna terserah bro (saya pakai 3warna biru,ijo,merah) jumlah disesuaikan dengan keliling speedometer (spidoku scorpio 2 buletan, @10LED), resistor 1k2 ohm 1/4watt (pake 470/680ohm bisa  juga) jumlah sesuai LED, kabel paling kecil dan lemes -2warna (biar mudah penataan), Diode IN4002 (@buletan 1diode), selotip, tang potong, solder,timah...

Langkah Keja : 
(berdoa dulu)
1. Lepas speedometer, bongkar (hati2 bro).... lepas bagian odometer (biasanya dibaut dari baliknya), sekarang tinggal kerangka spido doang.
2. Solder satu ujung resistor di kaki +LED dan ujung resisittor satu lagi kasi kabel......ujung -LED kasi kabel doang....
3. Rangkai LED secara paralel (biar awet dan terang) sehingga akhirnya hanya ada 2 kabel positif dan negatif... pasang Diode (ujung yg ada strip) ke kabel +LED...ujung diode yang lain kasi kabel aja
4. Tata  sesuai kombindasi yg diinginkan...kalo aku 0-80km biru,80-100km ijo, 100-200merah
5. Setelah LED tertata pasang kabel -LED ke massa dan kabel +LED ke arus lewat kontak (yamaha: coklat)
6. Rapikan kembali spido...pasang ke tempatnya dan test....kalo siang g begitu keliatan..tapi pas malem ky spido di NFS Underground

buat bro yang masih bingung,, silahkan berkomentar atau bisa juga pesen langsung terima jadi ke saya (promosi gan) hehehhehehe ..

3 komentar:

BAKAS LAMPUNG mengatakan...

gambarnya dong bro biar gak salah gicu,,

ardias irfan mengatakan...

boz, berarti lampu speedo std nya dibuang digantiin LED ya? itu resistornya di tiap2 LED ato 1 rangkaian LED pake 1 resistor?

kemals s mengatakan...

bisa PESAN GAK ?

Posting Komentar